Jasa Lukis Dinding 3 Dimensi

Kontraktor Epoxy Lantai & Cara Pengecatan Epoxy Lantai Beton

Posted on

 

Kontraktor Epoxy Lantai

Kontraktor Epoxy Lantai adalah sebuah proyek pengecatan lantai menggunakan bahan dasar epoxy resin dan pengeras/Hardener, dengan tujuan agar lantai yang dilapisi dengan cat epoxy dapat lebih kuat, kokoh, tahan benturan, anti bocor/Water proofing, mudah dibersihkan dan memperpanjang umur lantai.



Aplikator Epoxy Lantai

Aplikator Epoxy Lantai adalah orang yang ahli dalam bidang pengecatan epoxy pada lantai beton, dinding beton, area parkir, Area pergudangan, Area Pabrik, Lantai Rumah Sakit dan Farmasi, Lapangan Bola Basket, Lapangan Badminton, dan sebagainya

Keuntungan Lantai Yang Dilapisi Cat Epoxy

  • Lantai Yang dilapisi cat epoxy Lebih kokoh
  • Lantai lebih tahan gores dan benturan
  • Efek Water Proofing pada Lantai akan membuat air tidak dapat merembas pada lantai sehingga lantai menjadi anti bocor.
  • Lantai mudah dibersihkan dari debu dan kotoran
  • Lantai yang telah dilapisi epoxy bersifat anti pori, sehingga jamur dan bakteri tidak dapat berkembang biak pada lantai
  • Lantai yang telah dilapisi epoxy akan memberikan efek Anti Retak
  • Tidak ada sambungan nat yang terlihat sehingga memberikan kesan rapih pada lantai.
  • Memperpanjang Umur Lantai

Cara Aplikasi Cat Epoxy Untuk Lantai Beton

  1. Sebelum dilakukan pengecatan Epoxy pada Lantai Beton, Aplikator Epoxy Lantai harus memperhatikan terlebih dahulu dasar lantai beton harus bisa menopang beban tanpa adanya penurunan sama sekali dan memiliki kekuatan tekanan minimal 225 kg/cm2, ditambah dengan tulangan bangunan sesuai desain dari perencana atau pembuat struktur bangunan.
  2. Yang perlu diperhatikan sebelum dilakukan pengecatan epoxy pada lantai beton adalah, Usia lantai beton minimal 28 hari dengan tingkat kelembaban tidak lebih dari 80% RH.
  3. Jika lantai beton yang langsung tepat berada di atas tanah (Lantai Dasar), sangat direkomendasikan untuk melapisi dasar lantai dengan water vapour barrier, yang berfungsi sebagai penghalang atau pencegah uap air. (water vapour barrier adalah sebuah lapisan tipis yang terbuat dari bahan bitumen yang dilapis dengan bahan plastik polyethylene.)
  4. Lantai beton yang akan dilakukan pengecatan epoxy harus diratakan dan dihaluskan terlebih dahulu agar didapatkan kerataan, kehalusan dan ketinggian lantai yang sesuai dengan rencana pembangunan
  5. Teknik pengupasan permukaan lantai sangat disarankan untuk permukaan lantai yang terkontaminasi semen kering atau kotoran kering, pengupasan dapat dilakukan dengan menggunakan alat grit-blasting, waterjetting, Blastrac ataupun diamondize scrubber.
  6. Setelah proses pengupasan, Gunakan air dan sabun untuk membersihkan kotoran cair yang berupa minyak, oli atau pasta.
  7. Setelah semua kriteria diatas sudah didapatkan, maka lantai beton sudah siap untuk dilakukan pengecatan epoxy, namun sebelumnya lantai beton harus dalam keadaan kering, disarankan gunakan kipas angin yang berskala besar (blower) yang dapat membantu proses pengeringan kondisi lantai yang basah atau lembab Agar proses pengeringan tidak memakan waktu yang panjang.
  8. Jika lantai beton sudah dalam keadaan kering, pastikan betonsudah dalam keadaan bersih dari debu dan kotoran,  disarankan untuk dilakukan penyedotan debu terlebih dahulu menggunakan vacuum cleaner.
  9. Proses pengecatan dapat langsung dimulai dengan lapisi Epoxy Primer menggunakan roller ataupun disemprot dengan tekanan udara.
  10. Setelah itu tunggu hingga Lapisan primer mengering, biarkan selama 12 jam agar mendapat hasil yang maksimal.
  11. selanjutnya adalah melapisi lantai beton dengan Base Epoxy Coat, Body Coate dan Top Coate) – Setiap tahapan di Sending dan Cleaning.
  12. Gunakanlah roller yang berkualitas dan dengan kondisi yang baik, agar bulu-bulu yang terdapat pada roller tidak akan rontok saat digunakan.
  13. Pelapisan dilakukan 2 kali, dimana arah pelapisan berikutnya ada baiknya saling bersilangan antara pelapisan pertama dan pelapisan kedua.
  14. Selama proses pelapisan, harus di perhatikan kebersihan lantai dari debu, kotoran, dan benda-benda kecil yang menempel pada lantai.
  15. Disarankan untuk membuka semua jendela dan pintu, karena proses pengerjaan epoxy lantai menimbulkan bau bahan kimia yang dpat membahayakan keselamatan pekerja.
  16. Dilarang keras merokok diruangan yang sedang dilakukan pengecatan epoxy lantai.
  17. Jika proses pengecatan epoxy lantai sudah selesai, tunggu hingga lebih dari 12 jam, hingga lantai dapat diinjak kaki tanpa alas sepatu, namun untuk gerobak, handpallet, forklift ataupun kendaraan lain baru boleh melewati lantai setelah 7 hari sejak tahapan pengecatan epoxy lantai beton selesai dikerjakan.

search terms:

cara bikin lantai 3d
Sponsor Ads :
Gravatar Image
Beri tanggapan pada kolom komentar sesuai dengan pembahasan artikel, bebas namun tetap harus menjaga sopan santun. Kami akan menghapus sebagian atau seluruh komentar anda jika terlihat tidak pantas untuk dibaca.

One thought on “Kontraktor Epoxy Lantai & Cara Pengecatan Epoxy Lantai Beton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *